Sunday, October 12, 2014

Tugas Knowledge Management Pertemuan 2



Teori : 

Teori :
Meyer dan Zack (1996) menganalisa langkah-langkah yang berkaitan dengan pengembangan penyimpanan dan memetakannya pada siklus KM. Langkah-langkah tersebut adalah acquisition,refinement, storage/retrieval, distribution,dan presentation/use.
·         Acquisition
Dalam hal ini perusahaan harus dapat mencari sumber data yang mempunyai kualitas tinggi sehingga barang ataupun hasil yang dihasilkan mempunyai kualitas yang tinggi juga. Perusahaan juga harus memperhatikan waktu,biaya dan hal lainnya yang akan terpakai dalam prosesnya.

·         Refinement 
Merupakan suatu tahapan penting dalam Knowledge Management, dalam tahap ini dapat berupa tindakan fisik atau secara logika seperti restrukturisasi dan integrasi. Dalam tahap ini knowledge yang berupa data ataupun informasi sudah siap untuk dimanfaatkan, yang artinya bahwa perusahaan harus mampu mengolah semua data maupun informasi yang sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan.

·         Store / retrieval
Dalam tahap ini merupakan hasil dari gabungan 2 proses sebelumnya, dimana perusahaan telah mengolah data menjadi informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan dan informasi dapat disimpan agar jika perusahaan sewaktu-waktu memerlukan informasi tersebut dapat dengan mudah mencari dan mengaksesnya, namun sebelum disimpan informasi ini harus diseleksi terlebih dahulu.

·         Distribution
Dalam tahap ini dijelaskan bahwa setelah perusahaan menyimpan informasi yang telah diolah. Perusahaan dapat menyebarkan informasi dengan berbagai cara, bisa melalui e-mail,telepon ataupun cara lain sehingga para pengguna dapat mengakses informasi tersebut. Namun dalam hal ini perusahaan harus juga memperhatikan waktu, frekuensi, dan bentuknya dalam pendistribusian informasi ini.

·         Presentation
Tahap ini merupakan tahap pemanfaatan, yaitu perusahaan harus menggunakan informasi yang telah didistribusikan dalam tahap sebelumnya. Sehingga segala informasi yang telah melalui proses tersebut dapat benar-benar dimanfaatkan oleh perusahaan tersebut.

Pembahasan :
1.      Acquisition Seluruh karyawan PT. TELKOM dapat menyampaikan ide, pengalaman, pengetahuan dan pembelajaran dalam bentuk tulisan yang dikelola Perusahaan dalam sistem pengelolaan pengetahuan yang disebutnya KAMPIUN.Setiap karyawan dapat berbagi pengetahuan dengan koleganya dengan cara mengunggah atau mengunduh melalui sistem, dimana dengan adanya itu diharapkan dapat menjadi solusi atas permasalahan-permasalahan pekerjaan. KAMPIUN juga merupakan bank data (repository) pengetahuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan karyawan yang pada akhirnya mendorong pertumbuhan produktivitas dan kualitas pekerjaan.
2.      Refinement : dengan memperkokoh manajemen pengetahuan dengan lebih bertumpu pada kekuatan kepemimpinan dan budaya perusahaan. Penguatan kepemimpinan dan budaya dimaksud meliputi beberapa area yaitu budaya inovasi, modal intelektual, berbagi pengetahuan, pembelajaran organisasi dan pengetahuan pelanggan.
3.      Store / retrieval : PT TELKOM yang menerapkan sharing knowledge membuat para karyawan yang ada di PT TELKOM menjadi semakin kreatif dan inovatif sehingga kemampuan dalam pelayanan meningkat.
4.      Distribution : penyebaran informasi yang dilakukan PT TELKOM adalah dengan mengadakan conference and workshop dimana seorang pembicara dari PT TELKOM membagikan pengetahuan eksplisit kepada orang-orang yang menghadiri workshop tersebut.
5.      Presentation : PT TELKOM telah menerapkan sharing knowledge yang telah diseleksi dan disebarkan ke SDM sehingga adanya peningkatan kualitas dari karyawan-karyawan yang ada di PT TELKOM.

Source :
Dalkir, Kimiz, 2005. Knowledge Management in Theory and Practice

Nama Kelompok:
Welly Pratama - 1501142812
Romi Fusianto - 1501143746
Hendra            - 1501142384
KELAS : LB11

No comments:

Post a Comment