Saturday, September 27, 2014

Tugas Knowledge Management Pertemuan 1


Nama : Hendra       
NIM    : 1501142384
Kelas : LB11          


Setelah PT.Telkom menggunakan Knowledge Management System, maka meningkatlah efektivitas dan produktivitas dari organisasi tersebut, keunggulan kompetitif organisasi. Dapat menjaga keberlangsungan organisasi dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat. Kinerja dan prestasi tinggi yang ditampilkan Telkom adalah untuk mendapatkan positioning yang kuat di benak stakeholder.
Saat ini, seluruh karyawan memperoleh kesempatan yang luas untuk menyampaikan ide, pengalaman, pengetahuan dan pembelajaran dalam bentuk tulisan yang dikelola Perusahaan dalam system pengelolaan pengetahuan yang disebutnya KAMPIUN. Setiap karyawan dapat berbagi pengetahuan dengan koleganya dengan cara mengunggah atau mengunduh melalui sistem, dimana dengan cara tersebut diharapkan dapat menjadi solusi atas beranekaragam permasalahan pekerjaan. KAMPIUN juga merupakan bank data (repository) pengetahuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan karyawan yang pada akhirnya mendorong pertumbuhan produktivitas dan kualitas pekerjaan.
Dengan adanya aplikasi ini para karyawan dapat menemukan dan mengakses seluruh informasi yang relevan yang mereka perlukan mengenai kegiatan administrative dan sumberdaya manusia perusahaan. Aplikasi portal pekerja ini juga menyediakan fasilitas untuk memperbarui data tertentu mengenai data diri mereka sendiri, seperti alamat rumah, rekening bank..
TELKOM kemudian memperkokoh manajemen pengetahuan dengan lebih bertumpu pada kekuatan kepemimpinan dan budaya Perusahaan. Penguatan kepemimpinan dan budaya dimaksud meliputi beberapa area yaitu budaya inovasi, modal intelektual, berbagi pengetahuan, pembelajaran organisasi dan pengetahuan pelanggan.
Disamping itu, dengan adanya portal internal di perusahaan PT.Telkom karyawan dapat berbagi informasi dan pengetahuan yang terkait dengan seluruh kegiatan Perusahaan meliputi: aktivitas Perusahaan, kebijakan, program kerja dan laporan terkini Perusahaan yang diperbaharui secara real time dan secara online dapat diakses oleh seluruh karyawan.Teknologi informasi dapat mengatasi kendala, yakni waktu proses. Karena jika dilakukan secara manual akan memakan waktu lama.
Apa yang dilakukan oleh PT. Telkom melalui KM adalah menerapkan aspek-aspek penting dari proses bisnisnya yang sangat terpengaruhi oleh teknologi digital(sarana untuk membentuk informasi), globalization (hilangnya batas negara),deregulation (bisnis tanpa batas), dan competition (persaingan).
Sharing knowledge yang dilakukan oleh PT Telkom tersebut berupa Conference & Workshop. Pada tahap ini proses knowledge management yang diterapkan yaitu proses eksternalisasi yang dilakukan pembicara terhadap peserta, kemudian peserta melakukan internalisasi dari pengetahuan eksplisit yang dimiliki oleh pembicara ke pengetahuan tacit seseorang. Adanya kegiatan sharing knowledge ini membuat karyawan akan semakin kreatif dan inovatif sehingga kemampuannya dalam menghasilkan produk atau melakukan pelayanan akan meningkat. Selain itu Telkom juga selalu melakukan pelatihan-pelatihan kepada karyawan untuk menambah kemampuan karyawan dalam bekerja.
Telkom sendiri dalam hal penggunaan knowledge management tools sudah baik, karena Telkom sudah memiliki situs resmi human capital & general affairs untuk memfasilitasi komunikasi antara pembuat kebijakan, pengelola SDM dan karyawan. Situs web ini memberi akses kepada karyawan untuk mencari kebijakan-kebijakan serta informasi lain yang terkait dengan SDM serta melakukan tanya jawab seputar masalah yang terkait dengan kebijakan SDM dan pelaksanaannya.

Analisa :
Setelah kami analisa dan membaca artikel tentang penggunaan knowledge management pada PT Telkom,kami menyimpulkan bahwa sebelum PT Telkom menggunakan Knowledge Management System ini semua kegiatan bisnis yang ada di PT Telkom ini sangat tidak efektif . Dalam menyampaikan informasi ataupun menyampaikan ide,pengalaman,dan pengetahuan sangatlah terbatas,sehingga proses informasi yang terjadi di internal perusahaan menjadi lambat dan tidak efektif. Dan masih banyak hal lain yang terjadi dan menyebabkan semua hal yang ada di perusahaan tidak bisa maksimal ataupun menjadi tidak efisien.
Namun setelah PT Telkom menggunakan Knowledge Management System, semua hal yang dilakukan untuk produktivitas dalam PT Telkom meningkat. Penyampaian informasi,ide,pengalaman,dan pengetahuan dari karyawan ke karyawan lain ataupun keatasan dapat berjalan lancar dan efisien hanya dengan mengunggah atau menguduh data tersebut ke sistem. Dengan adanya sistem ini karyawan menjadi dengan mudah untuk menemukan dan mengakses seluruh informasi yang digunakan dalam proses kegiatan produktivitas dan administrative. Dengan adanya portal internal di PT Telkom karyawan dapat dengan mudah berbagi informasi dan pengetahuan yang terkait dalam segala kegiatan perusahaan, informasi yang dibagikan merupakan informasi yang diperbaharui secara realtim dan online sehingga semua karyawan  dapat mengakses informasi tersebut. Dengan adanya sistem ini segala penyampaian informasi menjadi lebih mudah,cepat,dan efisien.

Source :

http://fachrybakrie.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment