Setelah PT.Telkom menggunakan Knowledge
Management System, maka meningkatlah efektivitas dan produktivitas dari
organisasi tersebut, keunggulan kompetitif organisasi. Dapat menjaga
keberlangsungan organisasi dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat.
Kinerja dan prestasi tinggi yang ditampilkan Telkom adalah untuk mendapatkan
positioning yang kuat di benak stakeholder.
Saat ini, seluruh karyawan memperoleh
kesempatan yang luas untuk menyampaikan ide, pengalaman, pengetahuan dan
pembelajaran dalam bentuk tulisan yang dikelola Perusahaan dalam system
pengelolaan pengetahuan yang disebutnya KAMPIUN. Setiap karyawan dapat berbagi
pengetahuan dengan koleganya dengan cara mengunggah atau mengunduh melalui sistem,
dimana dengan cara tersebut diharapkan dapat menjadi solusi atas beranekaragam
permasalahan pekerjaan. KAMPIUN juga merupakan bank data (repository)
pengetahuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan karyawan yang pada
akhirnya mendorong pertumbuhan produktivitas dan kualitas pekerjaan.
Dengan adanya aplikasi ini para karyawan
dapat menemukan dan mengakses seluruh informasi yang relevan yang mereka
perlukan mengenai kegiatan administrative dan sumberdaya manusia perusahaan.
Aplikasi portal pekerja ini juga menyediakan fasilitas untuk memperbarui data
tertentu mengenai data diri mereka sendiri, seperti alamat rumah, rekening
bank..
TELKOM kemudian memperkokoh manajemen
pengetahuan dengan lebih bertumpu pada kekuatan kepemimpinan dan budaya
Perusahaan. Penguatan kepemimpinan dan budaya dimaksud meliputi beberapa area
yaitu budaya inovasi, modal intelektual, berbagi pengetahuan, pembelajaran
organisasi dan pengetahuan pelanggan.
Disamping itu, dengan adanya portal
internal di perusahaan PT.Telkom karyawan dapat berbagi informasi dan
pengetahuan yang terkait dengan seluruh kegiatan Perusahaan meliputi: aktivitas
Perusahaan, kebijakan, program kerja dan laporan terkini Perusahaan yang
diperbaharui secara real time dan secara online dapat diakses oleh seluruh karyawan.Teknologi
informasi dapat mengatasi kendala, yakni waktu proses. Karena jika dilakukan
secara manual akan memakan waktu lama.
Apa yang dilakukan oleh PT. Telkom
melalui KM adalah menerapkan aspek-aspek penting dari proses bisnisnya yang
sangat terpengaruhi oleh teknologi digital(sarana untuk membentuk informasi),
globalization (hilangnya batas negara),deregulation (bisnis tanpa batas), dan
competition (persaingan).
Sharing knowledge yang dilakukan oleh PT
Telkom tersebut berupa Conference & Workshop. Pada tahap ini proses
knowledge management yang diterapkan yaitu proses eksternalisasi yang dilakukan
pembicara terhadap peserta, kemudian peserta melakukan internalisasi dari
pengetahuan eksplisit yang dimiliki oleh pembicara ke pengetahuan tacit seseorang.
Adanya kegiatan sharing knowledge ini membuat karyawan akan semakin kreatif dan
inovatif sehingga kemampuannya dalam menghasilkan produk atau melakukan
pelayanan akan meningkat. Selain itu Telkom juga selalu melakukan
pelatihan-pelatihan kepada karyawan untuk menambah kemampuan karyawan dalam
bekerja.
Telkom sendiri dalam hal penggunaan
knowledge management tools sudah baik, karena Telkom sudah memiliki situs resmi
human capital & general affairs untuk memfasilitasi komunikasi antara
pembuat kebijakan, pengelola SDM dan karyawan. Situs web ini memberi akses
kepada karyawan untuk mencari kebijakan-kebijakan serta informasi lain yang
terkait dengan SDM serta melakukan tanya jawab seputar masalah yang terkait
dengan kebijakan SDM dan pelaksanaannya.
Analisa :
Setelah kami analisa dan membaca artikel
tentang penggunaan knowledge management pada PT Telkom,kami menyimpulkan bahwa
sebelum PT Telkom menggunakan Knowledge Management System ini semua kegiatan
bisnis yang ada di PT Telkom ini sangat tidak efektif . Dalam menyampaikan
informasi ataupun menyampaikan ide,pengalaman,dan pengetahuan sangatlah
terbatas,sehingga proses informasi yang terjadi di internal perusahaan menjadi
lambat dan tidak efektif. Dan masih banyak hal lain yang terjadi dan
menyebabkan semua hal yang ada di perusahaan tidak bisa maksimal ataupun
menjadi tidak efisien.
Namun setelah PT Telkom menggunakan
Knowledge Management System, semua hal yang dilakukan untuk produktivitas dalam
PT Telkom meningkat. Penyampaian informasi,ide,pengalaman,dan pengetahuan dari
karyawan ke karyawan lain ataupun keatasan dapat berjalan lancar dan efisien
hanya dengan mengunggah atau menguduh data tersebut ke sistem. Dengan adanya
sistem ini karyawan menjadi dengan mudah untuk menemukan dan mengakses seluruh
informasi yang digunakan dalam proses kegiatan produktivitas dan
administrative. Dengan adanya portal internal di PT Telkom karyawan dapat
dengan mudah berbagi informasi dan pengetahuan yang terkait dalam segala
kegiatan perusahaan, informasi yang dibagikan merupakan informasi yang
diperbaharui secara realtim dan online sehingga semua karyawan dapat mengakses informasi tersebut. Dengan
adanya sistem ini segala penyampaian informasi menjadi lebih mudah,cepat,dan
efisien.
Source :
No comments:
Post a Comment